04.08.2012 20:01 WITA - KABAR SEKILAS
50 Orang Mewinten Pada Piodalan di Pasraman Manikgeni

Pujawali atau piodalan di Pasraman Dharmasastra Manikgeni Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, berlangsung sederhana namun khikmad pada 2 Agustus 2012 yang lalu. Ini bertepatan dengan Purnama Sasih Karo. Pujawali dilangsungkan pagi hari mulai pukul 09.00 Wita.

Pewintenan SaraswatiYang menarik pada piodalan kali ini adalah lebih dari 50 orang melaksanakan pewintenan Saraswati. Mereka kebanyakan orang-orang yang memang  biasa ngaturang ayah di pasraman. Mereka adalah warga Desa Pujungan, warga Desa Jelijih dan beberapa dari Denpasar. Pada kesempatan ini juga dilangsungkan pewintenan pemangku. Yang dinobatkan sebagai pemangku atau pinandita adalah I Nyoman Arjana, S.Sos, yang sehari-hari adalah Redaktur di Majalah Hindu Raditya.

Pujawali dan pewintenan ini dipuput oleh dua sulinggih, yakni Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda yang merupakan tuan rumah atau pemilik Pasraman, dan Ida Pandita Mpu Putra Yoga Daksa dari Griya Mengwi, Kabupaten Badung. Pujawali ini dihadiri pula oleh para pemangku se Desa Pujungan dan tokoh-tokoh adat dan agama setempat. Ini merupakan pujawali pertama setelah tahun lalu seluruh merajan yang ada di dalam Pasraman dijadikan satu.

 
Maintained by rumahmedia